Beranda > Tips n Trick > Tips Clear CMOS Motherboard (mengatasi komputer mati)

Tips Clear CMOS Motherboard (mengatasi komputer mati)

Untuk apakah Clear CMOS Motherboard dilakukan? Pernahkah anda mengalami komputer anda pada saat di hidupkan tidak mau dan restart kembali, atau pada saat telah masuk system windows tidak  membaca komponen komputer seperti VGA, Mouse, Hardisk, Sound Card dll.

Seperti kita ketahui CMOS merupakan memory tempat menyimpan data hardware atau komponen komputer yang terpasang di dalamnya, bila CMOS tidak bekerja dengan normal maka pengoperasian komputer akan mengalami gangguan.

Hal-hal yang membuat CMOS tidak bekerja dengan normal antaralain di sebabkan :

  1. Kemungkinan baterai CMOS telah lemah, sehingga tidak dapat lagi mensupord daya pada CMOS pada saat komputer mati.
  2. Kebiasaan pemakaian peralatan seperti USB Flash Disk, External Hardisk yang langsung di cabut tanpa Safely Remove Hardware, mengakibatkan software yang terpasang dan di data oleh CMOS akan tersimpan dan pada saat komputer di hidupkan lagi CMOS tidak menemukan data Hardware tersebut.
  3. Kemungkinan akibat serangan virus yang menyerang regystry windwos yang berhubungan dengan CMOS sehingga antara CMOS dan windows tidak sinkron.
  4. Akibat terlalu seringnya komputer di matikan tanpa Shutdown, yang mengakibatkan system tidak menyimpan setting CMOS, dan CMOS siap untuk menyimpan setting komponen karena dimatiin mendadak.

Bila CMOS terganggu maka pemakaian komputer tidak stabil, walaupun seluruh komponen komputer tidak rusak.

Untuk mengatasi hal tersebut anda harus melakukan perbaikan CMOS dengan cara membuang semua memory yang tersetting pada CMOS.

Caranya  mengatasinya adalah:

  1. Pastikan PC (Komputer) anda sudah tidak terhubung ke jaringan listrik.
  2. Buka casing PC anda.
  3. Setelah casing PC di buka lihat pada mother board anda Soket Jumper dengan tulisan CLR CMOS (Seperti terlihat pada gambar diatas, biasanya jumper setting tersebut dekat baterai CMOS)
  4. Pin 1 dan pin 2 bila di jumper berarti posisi Normal. cabut jumper dan pindahkan untuk menjumper antara pin 2 dan pin 3.
  5. Setelah anda jumper pin 2 dan pin 3, hidupkan PC, dan biarkan selama setengah menit – satu menit, kemuidian matikan kembali.
  6. Setelah PC mati, kembalikan lagi posisi Jumper Setting keposisi jumper pin 1 dan 2.
  7. Hidupkan PC, maka PC akan meminta anda untuk mensetting Bios, tekan F1 atau Del (Tergantung perintah dari jenis Motherboardnya).
  8. Pilih setting Bios ke Optimise Default system Bios. kemudian tekan F10 untuk menyimpan ke memory Bios serta keluar.
  9. PC akan Restart kembal dan Bekerja secara normal.
  10. Bila PC telah bekerja dengan normal, Shutdown kembali PC, dan tutup casing PC.

Untuk alasan tersebutlah Clear CMOS Motherboard dilakukan. Ini bisa juga mengatasi permasalahan komputer yang tidak muncul gambar sama sekali, Selamat mencoba n semoga bermanfaat…. ;)

  1. 23/02/2012 pukul 12:08

    Syukron informasinya akhi, ane mau coba ke komputer ane yang lagi rusak. Gejalanya sama. Moga dapet pencerahan. aamiin.

    ayo silaturahmi, mampir ke blogku (masih newbie)

    • 23/02/2012 pukul 22:16

      thank’s gan dah mampir ke blog ane..nanti ane mampir ke blog agan :)

  2. abbe
    15/02/2012 pukul 14:57

    gan mohon pencerahannya tentang clear cmos nii masalahnya mobo yang sayah mau clear cmos.y gak ad pin 3 biji yang buat jumper.y pentium3 nii
    apa ada cara lain bos???
    cma ada bateai cmos doang, sayah udh coba copot sekitar 15mnit 20mnit mpe 1 jam berkali” sayah coba copot pasang kembali tapi tetep nihil
    pencerahannya gan
    chip biosnya yang bisa d copot gtu gan…

    • 23/02/2012 pukul 22:17

      coba ganti bantre biosnya dl gan sapa tau dah mati gan!
      tipe mobonya apa gan?

  3. BAskoro
    22/01/2012 pukul 09:58

    Bro yang dimaksud nyalain komputer pada saat di jumper 2-3 itu cuma masang kabel power doank ya ? masalahnya moboku (B

    fred1607 :

    sama2 gan…siap nanti sya mampir gan…

    iostar TP i45) pada saat jumper 2-3 aku tekan tombol powernya pada posisi kabel power nancap ga mau nyala sama sekali (tidak ada aktivitas mobo, fan n led mati). Thanks Bro.

    • 23/01/2012 pukul 00:04

      benar gan cuma colok kabel powernya aj! selama proses clearCMOS tdk ada aktifitas dari PCnya gan cm proses dari aliran listrik ke MOBOnya gan :) smoga bisa membantu

  4. hanafi
    13/01/2012 pukul 20:01

    wah makasih gan ini yang ane cari cari…..

    • 14/01/2012 pukul 00:02

      iya sama2 gan..

  5. Rhaito
    11/01/2012 pukul 19:52

    gan ., setelah di clear CMOS (pindahin jumper ke 2-3 pin) , kan dinyalain lg …

    truz tunggu skitar 1 menit …
    truz dimatiin lg kan gan ?
    msalahnya kn gak mau dimatiin lewat tombol power gan ,
    moso hrus dimatiin lngsung cabut kabel power PC …
    gimana gan?

    PC ane nyala normal smuanya ., HSF n’ fan laennya .,
    RAM ud di cek aman ,
    PSU aman ,
    tp gak respon mnitornya .,
    monitor jg ud dicek . aman …

    • 12/01/2012 pukul 00:13

      ya gan tunggu 1menit trz matiin lg n dpindah jumper ke pin 1-2..ya emg hrz cabut kbel powernya gan buat matiin karena wkt proses jumper tu untk menghantarkan listrik ke MOBO gan n gda prosses booting di MOBO sama monitor gda tampilannya, stelah slasai Clear CMOS n pindah jmper pin ke 1-2 bru terjadi proses booting setelah PC di hidupkan n berjalan normal gt gan smoga agan bs paham ttng proses Clear CMOS! smoga bs membantu gan :)

  6. yohan
    06/01/2012 pukul 14:37

    tiap kali saya restart komputer selalu diminta setting waktu dan tanggal oleh cmos, kenapa ya gan dan apa solusinya, saya rasa ada virusnya.

    • 12/01/2012 pukul 00:29

      di cek dulu aja gan di settingngan biosnya dah benar pa blm. atw coba instal ulang PC agan,bs jg kna virus tu gan

  7. Rezky
    18/12/2011 pukul 01:08

    Bang sya mo nanya nh cmos dah di jumper tp msh ga mau nyala jg , yg nyala cm kipas-kipas aja , lED jg ga nyala , tlng bantuannya bang , oia sblmnya kompi saya slalu seting jam n tnggal tiap mo di nyalain , eh lama2 jd gni , pas dnyalain cm kipas aja yg nyala

    • 18/12/2011 pukul 23:21

      dah coba ganti baterai biosnya lum gan? klo masih sama aj brati mobo agan kemungkinan rusak..smoga bs membantu gan

  8. Boyz
    24/11/2011 pukul 00:51

    o y gan setelah dipindah jumper dan diyalakan ap hdd.fan prosesor,ram tersambung ap dilepas?

    • 25/11/2011 pukul 00:04

      masih tetap tersambung gan

  9. koko
    14/11/2011 pukul 10:52

    fred1607 :

    dah coba cek hardisknya lum gan?mulai dari kabel ma kondisi hardisnya!! truz dah coba cek RAMnya lum?paling kotor coba dibersihkan di bagian kuningannya pake penghapus gan kanan kiri..bis tu clear cmos trz idupin lg smoga bisa membantu ga

    Batre CMOS sudah di ganti…
    RAM Sudah saya bersihkan, dan saya pindahkan slot memorinya ke DIMM3&4 (tadinya pake DIMM1&2), masih juga gak mau idup…
    Hard disc ok.. sudah saya coba colokin ke CPU lain… detect dan normal

    Gini lo mas ceritanya…
    Setiap saya mo idupin kompnya gak mau idup…
    1. saya clear CMOS, trus matiin, (sesuai petunjuk untuk clear CMOS)
    2. trus saya idupin lagi ….Hore komp nya idup lagi…
    3. kemudian saya shut down…
    4. trus saya idupin lagi gak mau idup :( ….

    Jadi, kalo saya mo pake tu komp saya harus mengulang langkah 1 & 2 … wah repot banget…

    gimana ya mas?.. apa yang salah? apa saya harus meng Update Bios nya? (mungkinkah bios bawaannya korup?)

    • Boyz
      24/11/2011 pukul 00:41

      gan numpang nanya ni pc saya ketika di cabut kabel power/mati lampu pengaturan biosnya selalu minta setting ulang y?
      ap ad solusinya!

    • 25/11/2011 pukul 00:09

      mungkin dari setiinggan biosnya gan ada yng salah coba dicek ulang

  10. dava
    12/11/2011 pukul 20:55

    mampir gan.. saya mau nanya ni.. waktu pc saya aktif.. tiba2 arus listrik padam dan hitungan detik nyala kembali,,,
    dan begitu nyala listrik nya
    malah di LCD tetulis.. verifying dmi pool data…..
    trus beberapa menit kemudian disambung dengan tulisan disk boot failure,insert system dis and press enter.. karena saya liat (tulisan ENTER) saya Enter ternyata muncul lagi kata2 disk boot failure,insert system dis and press enter.. saya enter,dan LCD padam ga lama lagi muncul verifying dmi pool data… gtu2 trus gan..
    putus asa rasa nya gan… yang muncul hanya gitu2 mulu… ada solusi gan???
    saya sudah lakukan bongkar..membersihkan ..dan pasang lagi dengan tepat seperti semula.. tapi tetap seperti itu gan… ga ada perubahan.. :( :( :( bantu ya ga dengan solusi…..

    • 12/11/2011 pukul 22:59

      Boot record hd atau file booting kamu rusak tu gan ke delete antivirus!!! mesti instal ulang gan ;) smoga dapat pencerahan gan

  11. koko
    31/10/2011 pukul 13:56

    saya kejadian juga nih mas, setelah clear cmos, komp bisa idup lagi, tapi setelah restart blank lagi, gak mau idup…gitu terus berulang-ulang, (masa harus clear cmos terus) kira2 apa yg salah ya? saya pake mb MSI 770-C45….

    • 12/11/2011 pukul 22:54

      dah coba cek hardisknya lum gan?mulai dari kabel ma kondisi hardisnya!! truz dah coba cek RAMnya lum?paling kotor coba dibersihkan di bagian kuningannya pake penghapus gan kanan kiri..bis tu clear cmos trz idupin lg smoga bisa membantu ga :)

  12. arya
    22/10/2011 pukul 12:42

    o0o begitu caranya, baru tau gw :D
    thank for your info

    • 24/10/2011 pukul 22:43

      yoi gan n thnks dah mampir…

  13. 27/08/2011 pukul 13:28

    setelah dijumper 2-3 trus pc dihidupkan kok malah ga nyala….. tu gimana?

    • 28/08/2011 pukul 00:40

      emng g nyala gan kan tu lg proses Clear CMOS, tunggu aja 1/2 – 1 menit gan trz matiin aliran listrik yng msk ke PC.
      (Pastikan tdk ada aliran listrik ke PC) lalu pindah posisi jumper ke 1-2 n hidupkan PC kembali gan… smoga jelas n bs membatu gan ;)

  14. kentraro
    09/07/2011 pukul 16:30

    bro, saya bingung.. di point 1 kan pastikan tidak ada arus listrik, trus
    point 5 hidupkan pc..
    maksudnya hidupkan seperti biasa tp dlm kondisi jumper di 2-3 gitu.. nnti tampilan di monitornya gimana ?? masuk BIOS kah ??

    • 10/07/2011 pukul 11:10

      ya gan posisi jumper 2 & 3 hidupkan PC sperti biasa n di monitor gda tampilan apa2 gan soalnya tu bru proses clear CMOS gan tunggu 1/2 menit – 1 menit baru matikan PCnya dengan menehan tmbol power di PC ampe PCnya mati. baru lanjutkan ke step berikutnya smoga paham n bisa membantu gan :)

  15. 12/06/2011 pukul 05:01

    informasi yang sangat bermanfaat gan….terimah kasih….sukses selalu buat anda……

    • 13/06/2011 pukul 11:35

      sama2 gan n thnks dah mampir ke blok ane :)

  16. ade
    26/04/2011 pukul 09:18

    oh.. Iya sih kayak nya.. Soal nya ditempat saya arus listrik sering naik turun… Tks ya gan.. Eh gan tau setingan operamini ga buat pc supaya speed nya bertambah? Soal nya sya pake hp sbgai modemnya.. Yg tau mhon info nya ya.. Mdh2n ilmu agan2 bertambah 20X lipat.. Tks ya gan.

    • 27/04/2011 pukul 16:51

      wah pantesan tu bs bkin HD ma MOBOnya cepet rusak gan klo arus listriknya naik turun.
      pake Mozzila pa google chrome aj gan tu malah lbh cepet dr pd pke opera gan smoga bs membantu,tu jg sinyal nya hrz kuat gan klo pke modem HP

  17. Anton
    21/04/2011 pukul 21:46

    hai gan, ni sama persis yg ane alami,
    tapi pin CLR-CMOS nya di kompi ane kok kagak ada ya? cuma soket nya doang (2 kaki) kalo beli ada kagak? batre nya juga udah 2 taon kalo diliat tanggal nya.
    kalo blog ini masi aktif mohon direply gan, thanks

    • 22/04/2011 pukul 23:41

      klo beli ada tp susah gan mendingan agan pke aja jumper dari HD tu sama gan trz klo baterainya beli di toko jam yng merek sony gan tu lbh bgs n awet smoga bisa membantu… ;)

  18. ade
    17/04/2011 pukul 00:48

    sya pnya mb matot batre cmos dah di gnti, ram, vga ga di pasang tpi ga bunyi alarm, kipas nyala. Untuk matiin di tekan power lama jga ga mati.. Apa nya ya gan? Tks

    • 22/04/2011 pukul 23:37

      oh bisa tu mobonya gan yng dah waktunya ganti gan..

  19. liga
    29/03/2011 pukul 11:28

    klo batt cmos dah diganti ama yg baru tetep error .!,apanya tuh bro yg rusak?

    • 08/04/2011 pukul 23:49

      bisa jd tu batrerai cmos gan yng rusak tp mobonya!!!
      dah coba dijumper lum mobonya gan?coba jumper dulu

  20. agus
    23/02/2011 pukul 11:46

    makasi ea kk…
    entar di rumah mau di coba..
    coalnya kom aq juga ngk mau hidup..

    • 24/02/2011 pukul 00:01

      oke gan sama2 n met nyoba aj ;)

  21. oji danang
    18/02/2011 pukul 20:54

    makasih banyak infonya, kebetulan komp. d rumah kerusakannya sama

    • 18/02/2011 pukul 23:45

      oke gan sama2 :) thnks jg dah mampir di blog ni

  22. 07/02/2011 pukul 19:31

    fred1607 :

    oke gan, tu yg nyala lampu led di hardisknya? bisa jadi tu ada BadSector di Harddisk/Ada Virus, Ada masalah di Hardware seperti Memory Kotor/Rusak, MoBo Kotor/Rusak, Cooling Fan perputaran fan nya sudah lemah, Power Supply tidak stabil gan..coba dibersihkan dulu gan klo msh trouble nanti share lg gan oke ;) smoga bs membantu

    Bro-bro sekalian, aku juga punya masalah nih…. di tempat kerja ku, MBnya MSI MS-7173…. ada 4 CPU masalahnya sama dinyalakan awal bisa sampai masuk loading windows xp nya lalu tiba-tiba mati kipas hardisknya mati tapi kipas prosessornya gak mati lampu led nya gak mati tapi nge hang…, kira-kira apa gerangan yang harus kulakukan ?….. monitor OK banget saya udah reset cmos nya ganti baterainya tapi tetap begithu…. ada yang bilang block biosnya yang trouble… block bios itu yang gimana ?….. plizzzz helep dong…..

  23. hendry
    03/02/2011 pukul 19:47

    fred1607 :

    tu permasalahnnya kyknya bukan di PC na gan klo di PC Hardwarenya berjalan normal semua…bisa jd monitornya yng bermasalah dah cek kabel power yng dr monitor ke pwr supllay ma yng ke listrik lum gan?mungkin kurang kenceng atw coba pake monitor lain. smoga bs membantu

    misalnya kalo monitornya gann,,,,kalo bunyi beep pasti system ane berjalan lancar dongg,,,,nah ini setiap kali mao star ga perna bunyi beep sama sekali,,,terus kalo ane cabut kabel vganya pasti langsung tulisan no signal detcted menurut ane sii masih bagus tuh maonitor ane ama kabelnya….

  24. hendry
    02/02/2011 pukul 21:11

    gini ceritanya ane punya komputer nah tuh pc ane lama nyalanya,,pas pncet tombol power masuk ke biosnya tuh lama kira2 10 detik,,,nah ane pikir nih lama ane bongkar tu pc ane berisihin ram nya pake penghapus,,,,nah ane pasang lagi tuh pc,,,,nahhhhhh pas ane pencet power monitor ane malah mati total ga nyala sama sekali,,,,padahal yang lain pada nyala kipas, kipas prosesor,,dll,,,,
    pas ane liat lampu hardisknya nyala terus tuh kenapa ya gann..

    tolong bantu gann…..

    spek ane :
    psu 500watt corsair
    pentium4
    ram 3 gb
    mobo : p5kplam se

    mohon bantuannnya

  25. Alex
    26/01/2011 pukul 10:00

    mantaf gan tipsnya, ane punya masalah yg sama neh, tp masih bingung cara reset CMOS via jumper, ane pake Intel D965RYCK board. gtw letaknya dimana gan, kalo bisa add picture gan biar ngarti, maklum awam neh. hehehe

    • 27/01/2011 pukul 00:55

      tu jumpernya deket batrei bios gan, ikuti aja langkah2 yng ada diatas tu gan!!!smoga bisa membantu gan ;)
      ni gambarnya gan biar lbh jelas:

  26. rama
    10/01/2011 pukul 11:08

    gan mau tanya nii, nii yang baru aja aku utak-utek, mobo ku mati dan tidak mau nyala, kipas pros juga tidak mau nyala trus pwr supplay juga tidak mau nyala padahal sudah saya ganti dengan pwr supplay baru dan kipas pros baru, trus saya juga udah ganti kabel” smua, trus juper pwr (power sw) juga udah saya copot trus tancapkan lagi, tp masih tetep ndak bisa, gmn nii permasalahannya …
    trim waktunya

    • 11/01/2011 pukul 00:07

      tu bisa kabel dr pwr sply ke mobonya kendor atw colokan kbel power dari stavolt ke pwr sply pinya ada yng bengkok,truz dah coba jumper mobonya lum?di pin 2-3, dah cek baterai biosnya lum?sebelum mobo mati ada suara bip ga? coba di cek dulu gan smoga bs membantu gan…

  27. Beny
    04/01/2011 pukul 20:00

    .gan aku mau tnya, kan posisi jumper sudah aku pindah dari posisi 1-2 ke 2-3 , saat aku kembalikan lagi ke posisi awal (1-2) malah tidak nyala,. malahan nyalanya di posisi 2-3 , itu permasalahannya apa ya..

    • 04/01/2011 pukul 22:30

      oke gan pling tu kebalik posi2 jumpernya jd yng agan kira tu pin 1-2 ternyata 2-3 soalnya dr smua mobo tu urutanya sama pin jumpernya atw sblumya posi2 jumpernya msh di pin 2-3 trz agan pndah ke pin 1-2 (smblumya PC bs nyala atw tdk?)

  28. m kamil
    17/12/2010 pukul 15:05

    trimakasih mas akhirnya bisa nyala juga….
    tp ada beberapa cpu yg masih blm berhasil dg cara tsb.. saya sudah coba ganti ram, hdd dibuka tp masih tetep gamau nya… kira kira knp ya?

    • 17/12/2010 pukul 17:55

      dah cek power supply n batrerai bios nya lum?klo power supply n baterainya nya gpp brarti bs di mobo nya yg rusak alias mati gan…smoga bs membatu matur nuwun

  29. kanzz
    22/11/2010 pukul 18:48

    bro mau tanya saya udah cabut jumper trus pindahin ke slot 2,3 pas mau di nyalain malah ga nyala..bisanyala cuma pas di slot 1,2 aja jumpernya, tapi cpu nyala ke monitor malah blank…

    • 22/11/2010 pukul 22:55

      iya gan emg g nyala klo di pndah jumpernya ke pin 2 n 3 soalnya tu lg clear cmos jd g ush pencet tombol power di PC na, tunggu aja setengah menit klo dah cabut kabel yg terhubung ke jaringan listrik. “Pastikan PC (Komputer) anda sudah tidak terhubung ke jaringan listrik” baru pndah jaumpernya ke pin 1 n 2 trz dinyalain tuh PC na…smoga membantu gan

  30. Faizse
    14/09/2010 pukul 11:38

    Cara mindahin jumpernya gimana ya? Saya mau cabut tapi susah…

    • 14/09/2010 pukul 18:57

      caranya ya tinggal cabut aja gan, klo susah pake penjepit yng ujungnya kecil!!! caranya:
      Pin 1 dan pin 2 bila di jumper berarti posisi Normal. cabut jumper dan pindahkan untuk menjumper antara pin 2 dan pin 3.
      Setelah anda jumper pin 2 dan pin 3, hidupkan PC, dan biarkan selama setengah menit – satu menit, kemudian matikan kembali.
      Setelah PC mati, kembalikan lagi posisi Jumper Setting keposisi jumper pin 1 dan 2.
      Hidupkan PC, maka PC akan meminta anda untuk mensetting Bios, tekan F1 atau Del (Tergantung perintah dari jenis Motherboardnya).
      Pilih setting Bios ke Optimise Default system Bios. kemudian tekan F10 untuk menyimpan ke memory Bios serta keluar.
      PC akan Restart kembal dan Bekerja secara normal.
      Bila PC telah bekerja dengan normal, Shutdown kembali PC, dan tutup casing PC.

  31. 28/08/2010 pukul 15:43

    blognya bagus, jangan lupa ya mampir di website saya.

    • 29/08/2010 pukul 04:03

      sama2 gan…siap nanti sya mampir gan…

  32. 21/08/2010 pukul 17:58

    bleh jga tuch saran`na tar gw trapin dah dlm sisitim krja gw gan lw da yg ga mo nyala pc`na, thank`s gan!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • 21/08/2010 pukul 22:02

      wokeh gan…good luck you n thnks bwt kunjungannya yo??

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

